Pemasaran

Tips Menjual Lebih Banyak dengan Sosial Media

Sosial media telah berevolusi dari zamannya yang merupakan hiburan khusus Myspace menjadi fenomena global seperti sekarang ini. Laporan Lalu Lintas Sosial Media Shareaholic menemukan bahwa hampir 30 persen dari semua lalu lintas yang diarahkan ke situs web dirujuk oleh jaringan sosial pada Q3 2014.

Facebook masih menjadi raja, sementara Pinterest sekarang berada di posisi kedua dengan nyaman untuk saluran sosial paling berpengaruh.

Perusahaan e-commerce harus memiliki strategi sosial media yang efektif tidak hanya untuk bersaing di industrinya, tetapi juga untuk bertahan dalam periode bisnis. Algoritme Google akan mengabaikan situs web yang kekurangan saluran sosial media, sementara pemilik bisnis akan kehilangan kesadaran merek dan peluang layanan pelanggan yang berharga. Baik Anda mempekerjakan orang yang berdedikasi untuk mengelola saluran Anda atau menanganinya secara pribadi, itu adalah fungsi bisnis yang penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan keuntungan.

Lima tips berikut akan membantu Anda memaksimalkan kekuatan jejaring sosial.

Posting yang Didorong Facebook

Itu adalah September 2012 ketika Facebook mengubah algoritmanya dan secara efektif memangkas jumlah halaman bisnis pengikut yang dicapai secara organik. Sebelum perubahan, perusahaan dengan ratusan ribu (atau bahkan jutaan) pengikut menikmati periklanan yang gratis dan kuat melalui jejaring sosial. Namun kini postingan bisnis hanya menjangkau sekitar 16 persen pengikut secara organik. Itu kecuali mereka membayar untuk lebih banyak visibilitas.

Anda dapat membelanjakan paling sedikit $1 untuk menjangkau lebih banyak pengikut. Kunci untuk memaksimalkan pengembalian adalah dengan hanya meningkatkan posting yang mengarahkan pengguna kembali ke situs web Anda. Ada banyak pemilik bisnis yang kesal dengan perubahan tersebut, tetapi postingan yang ditingkatkan masih relatif murah untuk jumlah orang yang dapat Anda jangkau. Beberapa perusahaan memiliki masalah dengan penagihan berlebihan Facebook dan menyelesaikan tagihan berulang tanpa otorisasi. Cara terbaik untuk mencegah masalah seperti ini adalah dengan menggunakan kartu kredit prabayar untuk posting Anda yang ditingkatkan.

Keuntungan Pinterest

Platform berbagi bookmark visual diluncurkan pada Maret 2010, tetapi telah melampaui 70 juta pengguna. Pinterest sangat berguna bagi perusahaan yang menjual barang yang dapat ditampilkan secara visual dengan inventaris waktu nyata dan informasi harga. Mereka yang baru mengenal Pinterest didorong untuk membuat akun dan mulai bermain-main dengannya untuk mempelajari fungsinya.

BigCommerce merekomendasikan penggunaan pengalihan pada item populer yang pin kayanya Anda buat. Dengan begitu, saat stok habis, pelanggan akan melihat item serupa, bukan pesan “Halaman 404 Tidak Ditemukan”. Pastikan setiap pin memiliki deskripsi produk yang baik dan gunakan hashtag agar lebih mudah ditemukan.

Instagram 101

Pemasar tidak dapat lagi mengabaikan 300 juta pengguna aktif bulanan Instagram. Tetapi perusahaan yang baru mengenal Instagram yang tidak memiliki banyak koleksi foto dengan hashtag harus membuatnya dari awal untuk memanfaatkan sepenuhnya platform berbagi foto.

KISSmetrics merekomendasikan untuk memulai kampanye online yang mendorong pengikut untuk mengambil gambar yang berkaitan dengan merek Anda dengan cara tertentu. Misalnya, kedai kopi dapat mendorong pengikut untuk memposting foto tentang bagaimana mereka tetap hangat di musim dingin untuk mendapatkan kesempatan memenangkan kopi gratis selama sebulan. Tentu saja, foto tersebut harus relevan dengan merek tertentu agar memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah.

Jangan Lupakan Twitter

Apa yang membuat Twitter sederhana dan efektif adalah Anda selalu dapat menggunakan tagar yang sedang tren untuk meningkatkan visibilitas pos. Tetapi kuncinya adalah juga membuat dan menyertakan hashtag unik Anda sendiri yang relevan dengan merek.

Umpan Twitter LifeLock, misalnya, membuat tagar sendiri, #CreditHealth. Perusahaan mendapat paling banyak favorit dan retweet pada posting yang menyertakannya. Perusahaan juga sering menggunakan tagar #IdentityTheft untuk membawa lebih banyak eksposur ke posnya.

Waktu adalah Segalanya

Perusahaan pemasaran sosial media Buddy Media menemukan beberapa tren dengan posting Facebook setelah menganalisis 200 aktivitas halaman kliennya selama dua minggu. Tingkat keterlibatan 20 persen lebih tinggi di luar jam kerja, terutama pada hari Kamis dan Jumat. Selanjutnya, waktu terbaik untuk memposting keterlibatan maksimum adalah pagi-pagi sekali, setelah bekerja dan larut malam.

Perusahaan yang terus mengabaikan sosial media akan tertinggal. Kombinasi konten yang bagus dan pemasaran sosial media yang efektif akan meningkatkan keuntungan dan visibilitas merek. Sekaranglah waktunya untuk mulai menganggapnya serius.