Modal Bisnis

Peran Teknologi dalam Menghimpun Dana Bisnis

Teknologi memainkan peran penting di abad ke-21, terutama dalam bidang bisnis di mana wirausahawan inovatif dari berbagai latar belakang diberikan kesempatan untuk mengumpulkan uang atau menarik dana untuk memulai bisnis di tingkat mikro.

Crowdfunding

Crowdfunding adalah salah satu hal yang paling banyak terjadi di dunia bisnis, yang dianut oleh hampir setiap pengusaha. Crowdfunding adalah konsep di mana wirausahawan mengumpulkan sejumlah kecil uang dari banyak individu untuk mendirikan bisnis. Singkatnya, ini adalah teknik untuk menyatukan pengusaha dan investor dengan bantuan jaringan yang berbeda. Situs crowdsourcing terkenal yang berafiliasi dengan bisnis ini adalah Kickstarter, Lending Club, dan Indiegogo, yang memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk berbagi ide dengan publik yang, jika menyukai ide yang diusulkan, dapat mendanai dengan memberikan suara mereka.

Namun, platform crowdfunding tertentu memungkinkan orang menyimpan semua uangnya, bahkan jika tujuan tidak berhasil dicapai. Berbeda dengan ini, platform lain tidak mengizinkan orang menyimpan uang jika target tidak tercapai. Selain itu, crowdfunding bukan hanya tentang mengisi kantong seseorang dengan dolar.

Platform Digital

Mengadopsi teknologi dan platform digital lainnya untuk mengumpulkan uang akan mendatangkan beberapa keuntungan bagi wirausahawan. Misalnya, ini akan memberi mereka platform di mana mereka akan memiliki banyak pilihan untuk dibuat, berkaitan dengan perencanaan dan menginvestasikan uang ke dalam bisnis tertentu. Tidak hanya itu, ada aplikasi yang dirancang khusus, kalkulator pinjaman online, dan sumber online lainnya seperti Mint.com, iBank, MoneyDance yang memberikan gambaran yang jelas kepada para pengusaha mengenai keuntungan dan risiko yang terlibat dalam rencana tersebut.

Selain itu, pengusaha juga dapat menemukan cara untuk mengurangi investasi atau juga dapat mencari solusi gratis untuk pemasaran dan periklanan. Ini dapat dilakukan dengan bantuan perangkat lunak manajemen proyek ke layanan seperti Fiverr hingga oDesk. Perangkat lunak ini memfasilitasi pengusaha untuk menemukan freelancer terampil dengan investasi rendah untuk mendirikan bisnis tanpa pengetahuan dasar tentang cara menanganinya atau dari mana mendapatkan sumber daya mereka.

Jaringan Sosial

Saat ini, media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk mengenal strategi pemasaran tetapi banyak pengusaha dan pendiri startup mengabaikannya, tidak menyadari fakta bahwa platform ini dapat digunakan untuk tujuan mengumpulkan uang dan membawa mereka lebih dekat ke investor beraneka ragam yang efisien.

Ada banyak aplikasi web dan situs jejaring sosial yang mempertemukan investor dan pengusaha sebagai sumber dana yang efektif, tetapi ini bukan satu-satunya hal yang diperlukan. Pengusaha harus terus memperbarui diri, mereka harus memiliki gagasan tentang jaringan mana yang akan dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dan bagaimana menampilkan profil mereka secara online yang akan sangat menarik perhatian calon investor.

Profil pengusaha memainkan peran kunci dalam menarik perhatian dan menjangkau khalayak luas di situs jejaring sosial. Jika profil disajikan dengan baik dan diunggah secara online maka ini akan cukup untuk mendapatkan publisitas potensial daripada pendanaan apa pun dalam jangka panjang.

Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang dihasilkan melalui jaringan publik yang menggunakan kriptografi sebagai sumber keamanan atau pemalsuan yang melihat apakah transaksi dilakukan dengan aman atau tidak. Ini telah menjadi sumber transaksi yang sah dalam beberapa tahun terakhir dan saat ini, ditemukan sebagai cara paling efektif untuk mengumpulkan dana untuk bisnis atau perusahaan. Karena popularitasnya yang semakin meningkat, banyak perusahaan rintisan dan wirausahawan menantikan teknologi rantai blok untuk penawaran koin awal (ICO) untuk mengumpulkan uang tanpa mengorbankan saham mereka.

Teknologi blockchain Cryptocurrency membuat transaksi lebih mudah tanpa mengorbankan keamanan transaksi dengan mengawasi transfer aset dan mengendalikan pembuatan unit tambahan. Sebelumnya, hal itu dilakukan pihak ketiga seperti lembaga pemerintah atau bank. Saat ini, dengan bantuan cryptocurrency, perusahaan dapat dengan mudah membuat akun buku besar mereka sendiri dan menggunakan koin secara internal.

Teknologi belum menyelesaikan semua masalah dalam mengumpulkan modal untuk usaha bisnis baru atau ide produk. Namun, ternyata teknologi bisa menjadi cara yang bagus untuk menjalin hubungan baru dan menemukan pendukung yang tepat yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis.