Tips Bisnis

Kriteria Memilih Software Akuntansi Bisnis Kecil

Jika Anda sedang dalam proses memilih software akuntansi bisnis kecil, berikut beberapa tipsnya. Setiap pemilik bisnis kecil mengalami periode di mana mereka berhadapan langsung dengan masalah manajemen waktu.

Meskipun mereka tahu bahwa mereka harus berkonsentrasi untuk mengembangkan bisnis mereka, memasarkannya, dan menjangkau audiens yang lebih besar, mereka sering mengalami kesulitan mencapai tujuan tersebut hanya karena mereka menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memadamkan api satu demi satu. Untuk bisnis kecil ini, ini bukan masalah komitmen. Sebaliknya, ini adalah pertanyaan tentang jenis proses yang harus diandalkan oleh beberapa di antaranya.

Beberapa pemilik usaha kecil masih menggunakan proses kertas manual, lembar waktu, dan lembar excel. Proses ini tidak hanya membutuhkan waktu untuk diisi, tetapi juga membutuhkan waktu untuk berdamai dan melacak. Lebih penting lagi, tidak ada solusi ini yang aktif, tidak ada yang beroperasi dalam waktu nyata, dan tidak ada yang akurat. Faktanya, sebagian besar pemilik bisnis bahkan tidak tahu bahwa ada kesalahan sampai semuanya terlambat. Menghitung kesalahan ini dan memperbaikinya memakan waktu dan mahal.

Mengakhiri masalah yang disebutkan di atas melibatkan pemilihan perangkat lunak akuntansi yang menyederhanakan cara Anda mengelola bisnis kecil Anda. Perangkat lunak yang tepat akan memudahkan Anda untuk fokus pada pertumbuhan bisnis Anda daripada dibanjiri dan macet dengan dokumen. Untuk membantu Anda membuat pilihan itu,

Berikut adalah beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan ketika membuat keputusan go / no-go pada software akuntansi online.

Rekomendasi untuk Anda:

1. Kemudahan Penggunaan

Anda menginginkan perangkat lunak yang dikenal baik, mudah digunakan, mudah diterapkan, mudah digunakan, dan mudah dikelola. Anda tidak ingin berjuang karena Anda tidak memiliki dukungan yang diperlukan untuk mengatasi masalah kecil. Pilihan Anda harus menyertakan platform perangkat lunak yang menyediakan dukungan melalui pusat layanan 24/7, yang memungkinkan Anda menemukan solusi cepat untuk masalah kecil.

Solusi perangkat lunak terbaik untuk bisnis kecil akan memberi Anda dan tim Anda pelatihan sambil juga membuat semua orang mengetahui peningkatan apa pun. Faktanya, beberapa solusi menyediakan pelatihan gratis. Tanpa fungsi ini, Anda dan tim Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengerjakan masalah daripada yang dapat Anda lakukan. Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan.

2. Beroperasi di Cloud

Mengapa beroperasi di cloud merupakan kriteria penting saat memilih perangkat lunak akuntansi bisnis kecil Anda? Pertama, ada saat-saat ketika Anda keluar dari kantor atau melakukan perjalanan bisnis mengunjungi pelanggan penting. Jika saatnya tiba, Anda ingin melacak apa yang terjadi di kantor. Kedua, pelanggan Anda selalu bergerak, terus bergerak, dan selalu mencari jawaban. Saat Anda bertatap muka dengan pelanggan tersebut, Anda ingin memberi mereka informasi yang mereka butuhkan saat mereka membutuhkannya.

Solusi perangkat lunak akuntansi seperti Sage 50 memungkinkan Anda mengakses perangkat lunak Anda melalui terminal mana pun kapan saja. Anda akan memiliki akses ke dukungan teknis tak terbatas sambil tetap mengetahui arus kas Anda dengan melacak piutang dan hutang Anda. Opsi tambahan termasuk faktur seluler dan pembaruan inventaris lanjutan untuk mengetahui apa yang Anda miliki dalam inventaris dan kapan.

Faktur seluler adalah solusi yang fantastis jika Anda memiliki teknisi layanan lapangan atau staf penjualan yang sedang dalam perjalanan. Mereka dapat langsung membuat faktur langsung dari lokasi pelanggan Anda, yang berarti Anda akan membuat faktur lebih cepat dan dibayar lebih cepat.

3. Menyederhanakan Manajemen Penggajian

Software akuntansi terbaik untuk bisnis kecil harus menyertakan kemampuan untuk mengelola penggajian. Ini berarti mengisi satu formulir W-2 secara elektronik dan segera mendapatkan konfirmasi bahwa itu sudah sesuai. Namun, ini bukan hanya tentang memastikan formulir W-2 yang disebutkan di atas diisi dengan benar. Ini juga tentang memiliki perangkat lunak yang selalu diperbarui dengan peraturan pemerintah dan undang-undang ketenagakerjaan terbaru. Lagi pula, Anda akan mengirimkan formulir pajak sekali setahun, dan formulir itu harus dilakukan dengan benar, atau Anda dapat menghadapi hukuman untuk pengajuan yang salah atau terlambat.

4. Manajemen Persediaan

Setiap bisnis harus membiayai inventarisnya. Bisnis kecil Anda tidak berbeda. Dengan demikian, perangkat lunak akuntansi Anda harus memberi Anda informasi penting tentang jumlah inventaris, pengiriman masuk dari vendor, dan tanggal pengiriman yang diharapkan untuk pengiriman keluar ke pelanggan.

Mengisi ulang inventaris jauh lebih mudah jika Anda memiliki jumlah inventaris yang akurat untuk bahan mentah dan barang jadi. Tanpa alat penting ini, Anda memiliki inventaris rekonsiliasi melalui informasi yang sudah ketinggalan zaman. Perangkat lunak Anda akan membantu Anda menemukan keseimbangan antara membawa terlalu banyak inventaris versus membawa terlalu sedikit.

Beberapa solusi software akuntansi memungkinkan Anda membuat bill of material, membuat slip pengepakan, sekaligus menyesuaikan jumlah inventaris di beberapa gudang. Memiliki ringkasan biaya inventaris terkini sangat penting untuk memaksimalkan keuntungan Anda dari penjualan dan membuat kesepakatan tepat waktu dengan pelanggan. Manfaat lainnya adalah kemampuan untuk menyelesaikan laporan keuangan akhir bulan tanpa memperhatikan keakuratan informasi Anda.

Baca:

5. Manajemen Pelanggan yang Lebih Baik

Pada akhirnya, yang terpenting adalah mengelola pelanggan Anda dengan lebih baik. Software akuntansi terbaik untuk bisnis kecil harus menyediakan beberapa opsi pembayaran untuk pelanggan Anda. Pelanggan Anda harus memiliki opsi untuk mengirim pembayaran dengan kartu kredit, dengan cek, debit, atau bahkan dengan PayPal.

Semakin banyak pilihan yang Anda berikan, semakin bahagia pelanggan Anda. Opsi ini juga akan memungkinkan Anda memberi kompensasi kepada pelanggan Anda untuk pembayaran yang cepat. Solusi terbaik adalah memberi insentif kepada pelanggan Anda untuk melakukan prabayar dan kemudian memberi mereka penghargaan atas kesetiaan tersebut dengan diskon tambahan untuk pembelian di masa mendatang.

6. Melacak Angka Penjualan Historis

Cara terbaik untuk mengelola penjualan dan pelanggan adalah dengan mengandalkan data penjualan historis. Software akuntansi bisnis kecil Anda harus memberdayakan Anda untuk menggunakan data penjualan historis untuk mengidentifikasi pola pembelian musiman yang potensial. Ini tidak hanya akan membantu Anda mengelola penjualan dengan lebih baik, tetapi juga akan membantu Anda mengelola inventaris dengan lebih baik. Tim penjualan Anda akan mengelola kebutuhan pelanggan mereka dengan lebih baik sambil memberi Anda perkiraan penjualan yang lebih akurat.

Memilih software akuntansi terbaik untuk bisnis kecil seharusnya tidak menjadi tugas yang melelahkan atau memakan waktu. Ini hanya melibatkan mengidentifikasi apa yang dibutuhkan bisnis kecil Anda dan mengapa. Ini dimulai dengan mengakhiri proses kertas yang disebutkan di atas dan merampingkan cara bisnis Anda beroperasi sehari-hari. Pada akhirnya, akan membantu jika Anda memiliki perangkat lunak yang memberikan segalanya di ujung jari Anda sehingga Anda tidak akan pernah mempertanyakan validitas informasi tepat di depan Anda.