Tips Bisnis

Cara Memilih Gaya Logo yang Tepat untuk Bisnis Anda

Apakah Anda memulai bisnis dan siap untuk memulai branding? Membuat logo harus menjadi bagian dari proses awal Anda. Anda akan menginginkan gaya logo yang sempurna untuk membantu mempromosikan merek Anda. Berikut adalah bagaimana Anda dapat memilih logo yang tepat untuk bisnis Anda.

Mengapa Logo Saya Sangat Penting?

Logo adalah kesan pertama yang dibuat merek Anda pada audiens Anda. Banyak perasaan bawah sadar terjadi ketika kita melihat gambar, membuat logo langsung memicu pikiran atau emosi tertentu yang kemudian kita hubungkan dengan merek. Penilaian cepat terhadap warna, bentuk, dan citra yang digunakan dalam logo akan memberi tahu kita banyak hal tentang merek tersebut.

Logo yang tepat akan menyampaikan karakteristik dan estetika merek Anda. Jika logo Anda tidak sejalan dengan sisa merek perusahaan Anda, itu akan menjadi elemen yang terputus-putus.

Logo mahal, jadi Anda tidak akan ingin mengulanginya dalam waktu dekat. Jadi, penting untuk membuat logo Anda benar pertama kali. Jangan menyetujui desain yang tidak tepat, atau Anda akan menyesalinya di kemudian hari.

Bagaimana Menemukan Gaya Logo yang Tepat untuk Bisnis Anda

Bahkan sebelum Anda menekan papan gambar untuk bertukar pikiran, Anda perlu tahu apa yang Anda tuju. Berikut adalah tujuh tips untuk menentukan gaya logo yang tepat untuk bisnis Anda.

Tentukan Budaya dan Tujuan Perusahaan Anda

Sebelum Anda memulai desain, Anda perlu mengklarifikasi “mengapa” di balik perusahaan Anda. Simeon Sinek terkenal dengan TEDx Talk-nya dari tahun 2014 yang mengeksplorasi betapa pentingnya “mengapa” dalam branding. Meskipun demikian, banyak bisnis masih tidak mau bersusah payah mendefinisikan budaya atau tujuan mereka sebagai sebuah perusahaan.

Anda Perlu Bertanya Pada Diri Sendiri:

  • Mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan?
  • Apa yang membuat kita unik?
  • Apa yang kita coba capai?
  • Karakteristik apa yang konsisten dengan perusahaan kita?
  • Mengapa orang harus mempercayai kita?
  • Nilai-nilai apa yang kita pegang di inti kita?

Pelajari tentang audiens Anda

Sebelum Anda menggali terlalu jauh ke dalam lubang branding, Anda perlu memastikan perusahaan Anda menarik bagi orang-orang nyata. Logo Anda harus menarik audiens yang Anda tuju.

 

Untuk melakukan ini, Anda tidak dapat berasumsi bahwa Anda memahami audiens Anda. Perhatikan baik-baik siapa yang akan membeli dari perusahaan Anda. Lakukan penelitian sehingga Anda benar-benar memahami apa yang menggerakkan dan mendorong mereka. Pelajari tentang apa yang menyebabkan mereka sakit dan apa yang mematikan bagi mereka. Penelitian ini akan membantu lebih memperjelas tujuan dan budaya merek Anda.

See also  3 Tujuan Manajemen Keuangan untuk Usaha Kecil Anda

Lihat Apa yang Dilakukan Kompetisi

Anda tidak pernah ingin menyalin kompetisi. Meneliti pesaing Anda membantu Anda mengetahui di mana pasar sudah jenuh. Saat Anda mengenal pesaing spesifik di area lokal atau ceruk industri Anda, Anda harus memperhatikan logo dan pilihan desain mereka.

Anda sebaiknya menghindari penggunaan skema warna atau gaya logo yang sama dengan merek pesaing Anda. Sementara beberapa merek memang menciptakan tampilan serupa dalam upaya nyata untuk menciptakan kesamaan (pikirkan RBX menjadi mirip dengan Reebok), mereka akan selalu menjadi merek “tiruan”. Anda akan ingin membuat merek dan gaya logo Anda sendiri untuk menciptakan tempat Anda sendiri di pasar.

Temukan Celah di Pasar

Saat Anda memeriksa pesaing dan audiens potensial, Anda mungkin memperhatikan bahwa audiens tertentu saat ini tidak ditargetkan. Jika Anda dapat menemukan tempat di pasar yang unik untuk merek Anda, Anda akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang gaya logo yang tepat untuk merek Anda. Anda akan ingin pergi dengan tampilan yang jelas menarik bagi audiens yang Anda targetkan.Bahkan jika Anda tidak dapat menemukan bagian audiens yang tidak terlayani untuk ditargetkan, Anda masih dapat menentukan celah apa yang ada di pasar opsi saat ini. Misalnya, jika merek saat ini menawarkan kecepatan, Anda dapat mengambil pendekatan perawatan yang dipersonalisasi dan layanan pelanggan yang berkualitas. Menemukan aspek unik dari budaya dan tujuan perusahaan Anda dapat membantu Anda menemukan karakteristik yang tepat untuk benar-benar ditekankan melalui gaya logo Anda.

Luangkan Waktu untuk Menguraikan Gaya Merek Anda

Logo Anda harus mencerminkan estetika merek Anda secara keseluruhan, jadi luangkan waktu untuk menentukan gaya itu. Langkah ini akan mencakup pemilihan perasaan dan emosi yang ingin Anda sampaikan.

Sebelum Anda masuk ke pilihan warna, pemilihan font atau citra, Anda ingin memilih gaya keseluruhan. Misalnya, apakah merek Anda akan awet muda dan keren? ramah keluarga? Tak lekang oleh waktu dan klasik? Sangat profesional? Teknis? Ini adalah contoh tujuan gaya keseluruhan yang mungkin Anda tuju.

Gaya keseluruhan ini harus ditentukan sebagian besar melalui langkah-langkah sebelumnya dalam proses ini. Siapa yang Anda coba layani, dan celah apa yang Anda lihat di pasar? Apa yang membedakan Anda dan harus ditekankan melalui desain Anda? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan mendorong secara spesifik dalam desain logo akhir dan panduan gaya Anda.

See also  Masalah yang Akan Anda Hadapi Seiring Pertumbuhan Bisnis Anda

Pertimbangkan Penggunaan Logo

Bagaimana Anda menggunakan logo Anda akan mengubah gaya logo yang Anda butuhkan. Misalnya, meskipun ikon biasanya digunakan untuk aplikasi, jenis logo mungkin berfungsi lebih baik pada tag. Anda mungkin memiliki beberapa cara yang Anda rencanakan untuk menggunakan logo Anda, dan Anda harus mempertimbangkan gaya apa yang paling cocok untuk penggunaan tersebut. Contoh cara logo Anda dapat digunakan meliputi:

  • Papan nama dan spanduk bangunan
  • Elemen desain situs web
  • Gambar profil media sosial (atau spanduk)
  • Kop surat dan kartu nama
  • Label dan kemasan produk
  • Iklan
  • Aplikasi merek

Buat Papan Suasana Hati

Sekarang setelah Anda memiliki elemen desain ini, tetapi masih belum ada detail desain, saatnya untuk mulai mempersempit gaya. Alat mood board adalah cara yang bagus untuk menarik semua penelitian Anda ke dalam kompilasi visual. Elemen-elemen ini TIDAK dimaksudkan untuk berakhir di desain akhir, tetapi papan harus menggambarkan estetika merek Anda secara keseluruhan.

Untuk membuat papan suasana hati, kumpulkan representasi visual dari apa yang mendefinisikan merek Anda dalam citra. Ini termasuk:

  • Kata atau frasa yang merangkum karakteristik utama merek Anda
  • Warna atau palet warna yang selaras dengan emosi yang disampaikan merek Anda
  • Tekstur, kain, atau pola yang selaras dengan estetika merek Anda
  • Ilustrasi objek, hewan, orang, atau tempat yang mencakup aspek merek Anda

Saat Anda menyatukan papan, Anda akan memiliki titik peluncuran untuk membantu menentukan gaya logo Anda.

Bagaimana Sebenarnya Mendesain Logo Anda?

Setelah Anda bekerja untuk menemukan gaya logo yang tepat untuk merek Anda, inilah saatnya untuk benar-benar mendesain logo. Anda dapat membuat daftar elemen yang dapat membantu mewakili merek Anda. Daftar ini dapat mencakup:

Bentuk: Setiap bentuk memiliki makna yang akan memengaruhi desain Anda. Misalnya, lingkaran mewakili kesatuan dan kejelasan, sedangkan kotak mewakili stabilitas dan keteraturan. Garis dapat digunakan untuk menunjukkan gerak atau mewakili unsur-unsur alam.

Warna: Warna biru menenangkan dan meyakinkan, sedangkan merah menggambarkan aksi dan gairah. Kuning adalah optimis, dan hijau melambangkan pertumbuhan. Dalam setiap warna, rona dan semangat juga akan mengubah makna yang tersirat.

See also  Cara Bisnis Tumbuh di Masa Pandemi

Font: Font akan memengaruhi asumsi bawah sadar yang dibuat orang tentang merek Anda ketika mereka melihat logo Anda. Font tulisan tangan terlihat licik dan artisanal. Font modern termasuk font San Serif dan slab. Font serif, seperti Times New Roman, dianggap klasik abadi. Font dekoratif bisa menarik perhatian, tetapi juga sulit dibaca pada logo. Kebanyakan logo tidak boleh menggunakan lebih dari dua font.

Citra: Realistis, siluet, abstrak, garis besar ada banyak cara Anda dapat memasukkan elemen ilustrasi ke dalam logo Anda. Buat daftar hewan, objek, pemandangan, atau bentuk yang mewakili merek Anda dan pertimbangkan opsi untuk menggabungkannya.

Tata Letak: Ada banyak tata letak berbeda yang dapat digunakan untuk gaya logo Anda. Tata letak horizontal mungkin paling cocok untuk kop surat, iklan, dan kartu nama. Logo yang ditumpuk secara vertikal dapat berfungsi lebih baik untuk layar perangkat, media sosial, atau brosur. Emblem dan ikon berfungsi paling baik untuk gambar profil media sosial, aplikasi, dan thumbnail. Banyak logo akan memiliki dua atau lebih variasi yang dapat digunakan untuk hal yang berbeda.

Pola atau Tekstur: Pertimbangkan bagaimana pola atau tekstur sederhana dapat membantu menciptakan kontras untuk hierarki desain, dengan menjadikan satu elemen desain sebagai titik fokus.

Masing-masing elemen ini akan memiliki makna, jadi buatlah daftar elemen apa saja yang sesuai dengan karakteristik dan estetika yang telah Anda buat. Anda tidak perlu memasukkan semua elemen ke dalam desain Anda.

Trik rapi lainnya yang dapat Anda gunakan pada tahap ini adalah alat desain logo yang disebut pembuat logo. Ini adalah alat logo bertenaga AI. Mereka keren karena Anda mendesain logo secara gratis dan mendapatkan beberapa versi, mereka adalah cara yang bagus untuk memulai inspirasi Anda.

Wujudkan logo Anda!

Anda sekarang dapat menyewa seorang desainer grafis atau mulai membuat konsep logo sendiri jika Anda memiliki pengalaman desain. Merek dengan anggaran terbatas mungkin menggunakan pembuat logo untuk menghasilkan logo berdasarkan preferensi desain yang dikompilasi untuk menghemat waktu dan uang.

Logo Anda harus berupa grafik profesional yang menarik bagi audiens Anda dalam berbagai ukuran dan diterjemahkan dengan baik untuk penggunaan apa pun. Logo yang tepat akan cepat dikenali dan diingat. Bekerja untuk mencapai desain yang dengan jelas mewakili merek Anda tanpa penjelasan.